Mengapa Berinvestasi di Reksa Dana?

Reksa dana adalah cara sederhana untuk berinvestasi di pasar modalĀ 

Dengan reksa dana, investor tidak perlu memilah dan membeli saham dan obligasi satu per satu, namun cukup membeli unit penyertaan yang sudah berisi berbagai emiten pilihan. Model reksa dana ini sangat menguntungkan untuk investor awam yang belum paham cara memilih instrumen investasi, maupun investor yang sibuk sehingga tidak sempat mengelola investasinya. Investor hanya cukup membeli paket-paket investasi yang disebut dengan Unit Penyertaan ini di eCommerce, marketplace reksa dana, sekuritas, maupun bank tempat menabung.

Lantas, mengapa pasar modal bisa jadi pilihan untuk berinvestasi?

Pasar modal sendiri adalah pasar di mana banyak perusahaan memperjualbelikan asset hak milik perusahaannya. Berinvestasi di pasar modal akan sangat menguntungkan karena uangmu akan bertumbuh seiring kesuksesan perusahaan yang ada di sana. Segala proses jual beli di pasar modal pun aman karena diawasi oleh OJK.

Dengan berinvestasi di pasar modal, kamu juga membantu menjaga stabilitas ekonomi negara. Jika banyak orang turut berinvestasi di pasar modal, maka nilai tukar Rupiah juga akan lebih stabil karena pengaruh investor asing berkurang.

Jika jaman dahulu berinvestasi di pasar modal membutuhkan dana yang tidak sedikit, dengan reksa dana kamu dapat berinvestasi mulai dari sepuluh ribu Rupiah saja.

Cara berinvestasi di reksa dana sangat mudah. Kamu cukup ke bank tempat menabung, sekuritas, eCommerce maupun marketplace khusus reksa dana. Di sana, kamu hanya perlu mengisi formulir singkat, memberikan fotokopi KTP dan mulai membeli reksa dana pilihanmu. Investasi di reksa dana tidak memerlukan slip gaji jadi freelance pun bisa turut berinvestasi. Tidak ada kewajiban untuk rutin transfer namun kamu juga bisa menggunakan fitur auto debet jika ingin lebih disiplin. Setiap bulannya, kamu akan mendapat laporan dari bank kustodian atas pertumbuhan uang kamu. Untuk mencairkannya juga mudah, kamu cukup menekan tombol "redeem" di online platform atau mengisi formulir pencairan investasi. Tidak ada waktu minimum untuk menarik dana kamu, kamu bisa menarik dana kapan saja.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk berinvestasi dengan reksa dana sekarang!