Harga Minyak Ambles, IHSG Apa Kabar?

admin@syailendra.com | March 09, 2020

IHSG terlihat turun 6,56% hari ini seiring dengan harga minyak yang ambles. Namun, itu bukan hanya karena jatuhnya harga minyak, tapi karena kebetulan juga ada Devaluasi Yuan.

Ekonomi Indonesia memang masih bergantung dari harga komoditas (e.g. batubara, CPO, nikel, minyak mentah). Harga minyak mentah turun berpotensi memberikan sentimen negatif ke komoditas lainnya. Selain potensi pengurangan sumber pemasukan negara, ada juga potensi perlambatan pertumbuhan ekonomi dalam jangka pendek.

Turunnya harga minyak tentu akan membuat “shock” pasar, tapi sebagai net importir minyak, posisi ekonomi Indonesia tidak terlalu buruk. Harga minyak yang dapat menjadi murah akan melahirkan beberapa kemungkinan baik, seperti beberapa sektor bisa membukukan keuntungan lebih tinggi karena ongkos produksi yang turun ditambah potensi demand yang meningkat dari penurunan harga BBM.

Secara garis besar, kondisi pasar yang sedang demam ini masih dibayangi oleh Corona. Banyak karyawan yang kurang produktif, daya beli juga menurun karena banyak orang yang dikarantina atau mengurangi aktivitas. Diharapkan, ketika obat Corona sudah ditemukan atau tidak ada kasus baru maka market akan kembali rebound.

Diberitakan juga bahwa 53% dari pasien Corona berhasil sembuh, jadi semoga demam-demam ini lekas berakhir ya!