Bagaimana cara berinvestasi reksa dana di Indonesia?

Untuk berinvestasi di reksa dana, kamu dapat menghubungi bank partner tempatmu menabung atau juga ke berbagai sekuritas dan marketplace yang juga menyediakan transaksi digital, seperti general marketplace (Tokopedia dan Bukalapak), marketplace Reksa Dana (Bareksa, Invisee & Kelola), Sekuritas (Indo Premier sekuritas, Mandiri sekuritas, BNI sekuritas, Danareksa sekuritas, Mandiri sekuritas & Trimegah sekuritas)

Proses untuk membeli reksa dana di platform tersebut relatif cepat, secara umum, kamu hanya perlu mengisi biodata dan memberikan fotokopi KTP. Proses pendaftaran rata-rata berlangsung 10 menit dengan rata-rata waktu verifikasi sekitar 1 x 24 jam. Setelah verifikasi selesai, biasanya akan ada pemberitahuan via email dan kamu sudah bisa bertransaksi.

Kamu dapat memilih reksa dana mana pun yang sesuai dengan daya beli dan profil risiko dan kamu dapat menjual reksa dana kapan saja sesuai dengan kebutuhanmu, dengan lama pencairan paling lama 7 hari. Reksa dana hanya dapat dicairkan ke nomor rekening bank yang sama dengan nama pemilik reksa dana sehingga prosesnya akan lebih aman.

Baca juga:

Bagaimana cara memulai investasi reksa dana dari nol?

Apa yang terjadi jika perusahaan Manajer Investasi bangkrut?

Mengapa memilih reksa dana dibanding berinvestasi langsung di pasar modal?