Untung Mana Antara Reksa Dana dengan Deposito?

Sebagai salahsatu bentuk investasi, reksa dana sering dibandingkan dengan deposito. Deposito sebagai bentuk investasi paling sederhana dari bank ini dinilai  sebagai investasi yang cocok untuk mereka yang cari aman. Benar kah?

 

Reksa dana bisa memberikan keuntungan yang lebih tinggi

Deposito menjanjikan keuntungan pasti sejak awal dan biasanya suku bunganya berkisar 4% hingga 6%. Kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena perputaran uang yang dilakukan tidak hanya berpaku pada satu jenis produk investasi, walaupun reksa dana pasar uang juga berisi beberapa deposito. Uang kamu diinvestasikan pada deposito di beberapa bank sekaligus tanpa harus menjadi nasabahnya.

 

Jumlah minimum investasi di reksa dana juga lebih rendah

Kamu bisa mulai berinvestasi di reksa dana dengan modal investasi yang tergolong sangat rendah, mulai dari seratus ribu Rupiah saja. Berarti, kamu bisa mulai investasi kapan saja, sedini mungkin tanpa harus menunggu modal terkumpul. Di reksa dana, tidak ada perbedaan persentase return antara modal yang kecil ataupun besar. Baik modal kecil maupun besar, semua mendapat persentase yang sama. Sementara deposito mengharuskanmu untuk memiliki modal investasi yang cukup besarkarena umumnya , modal minima minimal adalah Rp1 juta. Selain itu, di deposito ada perbedaan persentase return untuk modal besar dan juga kecil.

 

Pencairan dana di reksa dana bisa kapan saja tanpa terkena denda

Dana yang kamu disimpan di deposito tidak dapat diambil seenaknya. Ada jangka waktu yang harus dipenuhi dulu sebelum uang itu bisa diambil tanpa terkena denda. Denda akan dikenakan kepada nasabah jika pengambilan dana dilakukan sebelum tanggal jatuh tempo. Hal ini tentu berisiko ketika ada kejadian darurat yang membutuhkan dana besar secara tiba-tiba.

 

Nilai return reksa dana tidak pasti

Berbeda dengan deposito yang memiliki nilai return yang jelas dengan persentase yang telah dipatok sedemikian rupa, reksa dana memberikan nilai return yang berfluktuasi tergantung dengan kondisi ekonomi. Namun, Manajer Investasi yang kredibel tentunya akan memastikan bahwa return yang kamu dapat akan tetap menguntungkan. Ingat, kredibilitas Manajer Investasi juga bergantung pada return yang dihasilkan, jadi pasti mereka berusaha memberikan yang terbaik bagi kamu.

 

Baca juga:

Reksa Dana VS Emas: Apa Bedanya? 

Antara reksa dana dan P2P Lending, pilih mana?

Perbandingan Reksa Dana VS Properti