Antara reksa dana dan P2P Lending, pilih mana?

Selain reksa dana, alternatif investasi lain yang dilirik oleh adalah P2P Lending. Keduanya memang dapat dimulai dari modal rendah dan relatif aman (untuk P2P Lending yang memang resmi terdaftar dan diawasi oleh OJK).

Dalam Reksa Dana, uang yang diinvestasikan disebar ke dalam beberapa investasi lainnya dengan tujuan memperoleh keuntungan seiring waktu.Nilai investasi dapat bertambah besar atau berkurang tergantung dari performa perusahaan maupun situasi ekonomi dan politik yang ada.

Sedangkan di P2P lending, uang yang kamu investasikan akan dijadikan dana untuk pengembangan UKM di Indonesia. Biasanya dana ini digunakan sebagai modal kerja untuk mengerjakan project yang sudah didapatkan, atau sebagai biaya operasional sampai invoice dibayar oleh client mereka.

Lantas, apa bedanya?

 

Likuiditas reksa dana cukup tinggi karena dapat dijual kapan saja dengan menggunakan harga NAB (Nilai Aktiva Bersih) yang berlaku saat penjualan

Investasi yang kamu setorkan di reksa dana diolah setiap harinya ke berbagai saham perusahaan, sehingga performanya dapat ter-update setiap harinya, berbeda dengan P2P Lending yang baru bisa memberikan hasil pasti ketika usaha tersebut selesai dilaksanakan.

 

Di reksa dana, uang kamu akan disimpan di bank kustodian yang menjadi pihak ketiga sehingga aman dari perusahaan bodong

Bank Kustodian juga diawasi oleh OJK dan umumnya adalah bank-bank ternama. Sementara itu, uang yang kamu investasikan di P2P Lending akan dikelola menjadi dana operasional dari usaha tersebut dengan berbagai risikonya.

 

Pertumbuhan reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi sementara di P2P Lending seorang Lender mengelola portofolio investasi (pemberian pinjamannya) sendiri.

Performa dari reksa dana dapat diperhitungkan oleh tim riset dari Manajer Investasi dengan mempertimbangkan kondisi ekonomi makro dan mikro, sementara performa dari P2P Lending ditentukan oleh kelihaian dari Lender dalam memaksimalkan modal yang dipinjamkan.


 

Baik reksa dana maupun P2P Lending memiliki nilai masing-masing. Pilihan kembali diserahkan kepada investor untuk berinvestasi dengan pilihan masing-masing :)