Apa yang dimaksud konsentrasi dalam portofolio reksa dana?

Portofolio adalah gabungan atau kombinasi dari beberapa instrumen investasi yang dibentuk untuk memenuhi suatu sasaran umum investasi. Berdasarkan komposisinya, portofolio dapat dibedakan menjadi Portofolio Konsentrasi dan Portofolio Diversifikasi.

Sesuai namanya, komposisi saham dalam Portofolio Konsentrasi akan terkonsentrasi pada saham-saham di suatu sektor yang sama dan/atau memiliki karakteristik yang serupa. Keuntungan utama dari portofolio terkonsentrasi adalah tingginya potensi imbal hasil namun dengan risiko yang secara relatif lebih tinggi. Pasalnya, portofolio investasi dengan kinerja tertinggi biasanya bukanlah portofolio yang terdiversifikasi secara luas, tetapi yang terkonsentrasi di beberapa industri, sektor pasar, atau kelas aset yang secara substansial mengungguli pasar secara keseluruhan.

Namun, pertanyaan sebenarnya bagi investor adalah sejauh mana pemodal membagi komposisi antara portofolio terkonsentrasi dan terdiversifikasi. Investasi agresif dengan risiko yang tinggi tentu memiliki porsi konsentrasi yang lebih besar dibanding diversifikasi. Tentunya, setiap keputusan investasi haruslah kembali pada tujuan investasi, tingkat toleransi risiko dan pilihan strategi investasi.