Bagaimana diversifikasi portofolio membantu mengurangi risiko investasi?

Apa Yang Dimaksud Dengan Diversifikasi?

Keuntungan utama berinvestasi dalam reksa dana adalah diversifikasi aset. Sebagai contoh, seorang investor dapat membeli saham di sektor Perbankan dan kemudian membeli beberapa saham lain di sektor Konsumer pada saat yang bersamaan. Hal ini akan membantu investor untuk mengurangi dampak fluktuasi pasar dan meminimalisir kerugian pada portofolio investasi.

Keuntungan reksa dana lainnya adalah diversifikasi dan alokasi aset secara instan tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Dana utang (debt fund) memungkinkan pemodal untuk berinvestasi dalam instrumen utang seperti, instrumen pasar uang (money market instrument), dan surat obligasi pemerintah atau korporasi. Kemudian ada juga reksa dana seimbang (balanced fund) yang menawarkan pemodal eksposur ke ekuitas dan instrumen utang.

Bagaimana Diversifikasi Portofolio Membantu Kamu Mengurangi Risiko Investasi?

Merupakan hal yang normal jika Anda ingin berinvestasi pada instrumen investasi yang menawarkan potensi imbal balik tertinggi. Namun, hal ini dapat menyebabkan Anda meletakkan seluruh telur di dalam satu keranjang. Ketika dinilai berdasarkan basis risiko-pendapatan (risk-return basis), besar risiko yang kamu tanggung akan setara atau jauh lebih besar dengan besar potensi pendapatan.

Di sinilah diversifikasi portofolio dapat membantu. Diversifikasi portofolio, jika dilakukan secara efektif, dapat menghasilkan besar pendapatan yang lebih besar dibandingkan dengan besar risiko. Manfaat diversifikasi antara lain:

  1. Mengurangi dampak dari volatilitas pasar

Portofolio yang terdiversifikasi berinvestasi pada berbagai macam industri, sektor, dan kelas aset yang berbeda, sehingga dampak volatilitas pasar menurun terhadap kinerja portofolio secara keseluruhan. Dengan demikian, ini dapat menghasilkan pendapatan portofolio yang lebih tinggi di jangka panjang.

  1. Meminimalisir waktu yang diperlukan untuk memantau portofolio

Portofolio yang terdiversifikasi memiliki kinerja yang lebih stabil karena tidak semua investasi dalam portofolio berkinerja buruk pada saat yang bersamaan. Jika Kamu berinvestasi hanya pada saham ekuitas, kamu akan menghabiskan banyak waktu mempelajari pergerakan pasar dan menganalisa langkah selanjutnya. Demikian pula, jika kamu hanya berinvestasi pada dana berisiko rendah, kekhawatiran utamamu adalah mencari jalan untuk meningkatkan pendapatan. Namun dengan melakukan diversifikasi, waktu yang dihabiskan untuk memelihara investasi akan menjadi lebih sedikit.

  1. Membantu mencari keuntungan dari berbagai instrumen investasi

Dengan memilih berinvestasi di reksa dana, investor dapat memperoleh keuntungan berinvestasi pada dana hutang dan ekuitas secara bersamaan. Demikian pula, dengan berinvestasi pada deposito tetap, investor dapat mendapatkan manfaat dari pendapatan tetap dengan risiko yang rendah.

Oleh karena itu, portofolio yang terdiversifikasi akan menyeimbangkan risiko dan pendapatan yang terkait dengan dana yang berbeda. Jika satu dana dalam portofolio tidak berkinerja dengan baik, maka kerugian dari dana tersebut dapat dikompensasi oleh keuntungan yang dihasilkan dari dana lainnya.

  1. Membantu mencapai rencana investasi jangka panjang

Penting bagi investor untuk berinvestasi pada sektor-sektor yang berkinerja tinggi. Jika volatilitas berdampak positif pada pasar saham, maka investor akan dapat menghasilkan pendapatan yang lebih tinggi dari dana saham. Sebaliknya, jika volatilitas pasar berdampak positif pada pasar hutang, maka investor dapat mendapatkan pendapatan yang lebih tinggi dari dana hutang.

  1. Membantu memanfaatkan keuntungan dari bunga majemuk

Memilih reksa dana sebagai opsi investasi memungkinkan investor untuk mendapatkan keuntungan dari bunga majemuk (compound interest). Ini berarti, dari setiap investasi yang Anda lakukan, Anda akan mendapatkan bunga dari jumlah modal pokok dan dari total akumulasi bunga (interest on interest).

  1. Membantu menjaga keamanan modal

Tidak semua investor siap memainkan permainan yang berisiko. Sebagai contoh, investor yang berada di ambang pensiun lebih menyukai stabilitas dalam portofolio mereka sehingga diversifikasi merupakan hal yang tepat untuk dilakukan. Diversifikasi memungkinkan investor untuk mencapai tujuan investasi mereka dengan mempertahankan risiko investasi seminimal mungkin. Diversifikasi merupakan metode permainan yang aman di dalam kondisi pasar yang bergejolak.

  1. Menawarkan ketenangan pikiran bagi investor

Keuntungan terbesar dari diversifikasi adalah ketenangan pikiran yang didapatkan oleh seorang investor. Ketika investasi dibagi di antara sejumlah kelas aset, seorang investor tidak akan merasa terbebani oleh kinerja buruk portofolio.

Singkatnya, reksa dana memungkinkan Anda mengalokasikan investasi tidak hanya di berbagai sektor dan industri tetapi juga dalam saham, obligasi, dan/atau komoditas. Ini meningkatkan peluang dan sumber pendapatan sambil menjaga risiko seminimal mungkin.